Saya Rindu Menari :')

Sekitar sebulan yang lalu saat saya menjadi pagar ayu di acara resepsi pernikahan tetangga saya, terdapat acara tari-tarian dalam resepsi pernikahan tersebut. Resepsi pernikahan tetangga saya tersebut berlangsung dengan adat padang. Otomatis tarian yang di sajikan juga tarian Padang.
Alunan musik tari piring begitu familiar di telinga saya. Mendengar musik dan melihat gerakan tarian ini, saya jadi mengingat masa-masa SMA saya. Ketika SMA, saya pernah mempelajari tarian daerah Padang ini. Saya pernah mempelajari tari piring dan tari rantak. Tarian dari daerah Padang sangat enerjik, gerakan nya tegas dan temponya agak cepat. Berbeda dengan tarian yang ada di pulau Jawa, yang cenderung gerakan nya lemah gemulai dan temponya agak lambat.
Saya pun mulai mengenang masa-masa dimana saya aktif dalam kegiatan menari. Sejak kelas 1 SD saya sudah mulai terjun ke dunia tari. Di sekolah saya terdapat sebuah sanggar tari. Basically, saya mulai dengan tarian kreasi melayu. Selama di Sekolah Dasar, saya bersama group tari saya sering diminta tampil di acara-acara tertentu. Baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Kami juga pernah mengikuti kenduri seni melayu dan pentas-pentas tari lainnya. Bahkan dahulu kami pernah di minta untuk tampil beberapa kali di negara tetangga, Singapura. Pengalaman tersebut sangat berharga bagi saya. Saya tidak akan pernah melupakan pengalaman tersebut.
Namun, semakin beranjak dewasa saya mulai jarang menari. Dimulai dari kegiatan akademik di SMP yang cukup menyita waktu saya. Selama SMP saya hanya pernah tampil 1 atau 2 kali untuk mengikuti lomba tari bersama teman-teman saya. Kemudian ketika SMA kebetulan dalam pelajaran seni budaya kami di beri kebebasan untuk memilih bidang seni yang kita minati. Ada musik dan ada juga tari. Saat itu saya memilih bidang seni tari. Sehingga selama masa SMA, saya kembali menari. Tapi hanya sekedar untuk pelajaran seni budaya saja.
Saat ini, saya telah kuliah. Menari sudah sangat jarang saya lakukan. Mungkin kesempatan untuk saya kembali menari belum ada. Rasanya badan saya sudah mulai kaku untuk kembali menari, sudah tidak luwes seperti di masa kecil saya.

Ahh, betapa saya rindu menari. Saya rindu menggerakan badan saya mengikuti alunan musik. Seandainya saya punya kesempatan untuk kembali menari. Saya ingin menari kembali :')

Komentar

Postingan Populer